Thursday, June 20, 2019

Dampak Negatif Kebiasaan Mengeluh

Betapa seriusnya kebiasaan mengeluh dalam melakukan aktifitas keseharian di rumah dan di dunia kerja. Sebuah keberhasilan, kecil ataupun besar, akan hilang maknanya sama sekali dikarenakan sudut pandang yg salah. Bukan kebaikan yang diperoleh. Namun sebaliknya. Segala yang nampak hanyalah keburukan dan kekurangan. Apakah anda pernah mengalami hal ini atau mendengar keadaan serupa di sekitar anda? APa saja dampak negatif dari kebiasaan mengeluh akan segala hal yang sedang berjalan dan telah berlalu? Mari kita ulas dalam tulisa singkat berikut ini.

Diulas dalam www.bustle.com, terdapat 11 dampak negatif kebiasan  mengeluh. Diantara sebelas hal tersebut, 4 dampak negatif mengeluh antara lain:

1) Kebiasaan Mengeluh Membuat Anda semakin Stress.
Bagaimana tidak. Kebiasaan mengeluh merupakan respon terhadap fakta bahwa sesuatu hal tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini merupakan area stress yang sering kali menghantui kehidupan setiap orang. Merespon sebuah keadaan dengan cara mengeluh tentunya sama dengan menyatakan bahwa anda sedang dalam keadaan stress. Secara psikis hal akan membuat orang tersebut semakin hanyut dalam keadaan yang tidak nyaman dan tidak diharapkan.

2) Mengeluh Dapat Memicu Pikiran Negatif yang Berlebihan
 Pada faktanya, sebuah keadaan tidak separah yang dipikirkan. Namun ketika hal tersebut direspon dengan cara mengeluh, akan semakin melipatgandakan prasangka negatif akan segala macam resiko dan atau konsekwensi yang mungkin akan muncul karena hal yang dikeluhkan. Ibaratnya seperti melihat betapa luasnya lapangan sepak bola dari sebuah lobang kunci pada pintu kamar. Salah kaprah bukan ?!?!


Dampak Negatif Kebiasaan Mengeluh


3) Mengeluh hanya Memperparah Perasaan Resah dan Depresi semakin Menjadi
Hanya terfokus pada masalah atau hal yang dirasa kurang dengan cara mengeluh dapat memperkuat rasa resah dalam hati. Depresi yang muncul dalam pikiran bakal semakin menjadi-jadi. Hal ini tentunya bukan hal yang kita inginkan bukan ?!?!

4) Mengeluh dapat Merusak Hubungan
Dalam konteks menjaga keharmonisan sebuah hubungan baik dengan pasangan khususnya, mengeluh dapat merusak suasana dan banyak hal. Persepsi negatif yang muncul dalam menyikapi suatu kekurangan pasangan dengan ekspresi mengeluh, akan mencipta keadaan tidak nyaman sama sekali. Bukankah cinta tulus itu adalah saling menerima pasangan apa adanya. Dampak negatif kebiasaan mengeluh dalam kondisi ini dapat menjadi sebuah mimpi buruk yang sama sekali anda tidak pernah bayangkan sebelumnya. Semoga tidak terjadi.

Empat dampak negatif kebiasaan mengeluh di atas dapat menjadi motivasi bagi kita betapa seorang manusia harus belajar sportif dan terbuka. Tidak selalu semua hal berjalan mulus dan baik. Terkadang masalah dan kegagalan, jika dilihat dengan positif, tanpa harus mengeluh, akan menjadi pemicu perbaikan yang luar biasa.

Ayo kita belajar bareng menghindari dampak negatif kebiasaan mengeluh dengan belajar bersikap lebih positif. Why not ??



No comments:

Never Give Up

Terkadang tidak setiap hal dalam hidup yang direncakana berjalan dengan lancar. Mengapa demikian terjadi persisnya? Mungkin hanya Tuhan yan...